Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) modifikasi merupakan suatu perubahan dalam penyusunan rencana atau perubahan terhadap sesuatu dalam konsep awal. didalam hal penelitian,Modifikasi adalah cara merubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya,serta menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya. Berikut ini merupakan RPP Modifikasi Disccrupted Innovation dari RPP Konvensional Untuk Mengajar secara Online di Discrupted Innovation.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(DISRUPTED INNOVATION)
Sekolah : SMP/MTs
Kelas : Kelas Online Amrulia Risma
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi : Ekosistem
Alokasi Waktu : 45 Menit
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Chat online,
diskusi online, streaming, search engine.
Sumber Belajar : Buku IPA kelas VII Kemdikbud
(Kurikulum 2013 edisi revisi 2017).
Langkah Pembelajaran :
Langkah – langkah Pembelajaran
|
||
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
v Pendahuluan
|
v Pendahuluan
v
Siswa Login ke system dan
menyapa guru kembali
v
Siswa mengunduh dan membuka PPT
yang telah di sediakan oleh guru
v Siswa mempelajari dan memahami materi dalam PPT yang telah di berikan oleh guru |
10 menit
|
v Kegiatan Inti
v Guru
meminta siswa membuka link youtube yang telah di berikan
v Guru
meminta siswa menonton dan mengamati video yang ada di youtube
v Guru dan siswa berdiskusi dalam chat
online
v
Guru meminta siswa mengunduh
soal yang sudah di sediakan
v
Guru meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan
v Guru meminta siswa mengirimkan hasil belajaranya dan di bahas bersama
|
v Kegiatan Inti
Ø Siswa
membuka link youtube yang telah di berikan oleh guru
Ø Siswa
menonton dan mengamati video yanga da di youtube
Ø Siswa
berdiskusi bersama guru dalam chat online
Ø Siswa
mengunduh soal yang telah di berikan
Ø
Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru
Ø
Siswa mengirimkan hasil
belajarnya untuk di bahas bersama .
|
30 menit
|
v Kegiatan Penutup
v Guru
dan siswa mebuat kesimpulan materi pembelajaran via room chat online maupun
secara langsung.
v Mengucapkan hamdalah.
v Guru Mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapakan salam
|
v Kegiatan Penutup
v Siswa
bersama Guru membuat kesimpulan materi pembelajaran via room chat online.
v Mengucap
Hamdalah bersamaan
v Siswa
Menjawab salam Guru
|
5 menit
|
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang Baik
(50)
|
Tidak Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah
skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100).
Self Evaluation
No
|
Pernyataan
Self Evaluation
|
1.
|
K = Know (what do i know? / apa
yang sudah saya pahami)
|
2.
|
W = Want (what do i want know?/apa
yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)
|
3.
|
H = How (how do i find out?
bagaimana saya bisa melakukannya?)
|
4.
|
L = Learn (what did i learned?/apa
yang sudah saya kuasai?)
|
5.
|
A = Action (what action will i
take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan?)
|
6.
|
Q = Question (what new question do
i have?/ permasalahan baru apa dari saya?)
|
Kegiatan Room Chat di Discruptive Inovation
Kegiata Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar