Model pembelajaran konvensional merupakan model yang digunakan guru dalam pembelajaran sehari-hari dengan menggunakan model yang bersifat umum, bahkan tanpa menyesuaikan model yang tepat berdasarkan sifat dan karakteristik dari materi pembelajaran yang dipelajari. Trianto (2007:1) mengatakan pada pembelajaran konvensional suasana kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif, siswa tidak diajarkan model belajar yang dapt memahami bagaimana belajar, berpikir dan memotivasi diri
Tabel Perbandingan Model Konvensional dan Modifikasi
No
|
Elemen Quantum
|
Model Konvensional
|
Modifikasi
|
Berpikir Kritis
|
||
Aktivitas
|
Berpikir kritis
|
Aktivitas
|
Berpikir Kritis
|
|||
1
|
Tumbuhkan
|
Siswa diarahkan pada kegiatan
apersepsi dan motivasi awal
pembelajaran dengan mengajukan
pertanyaan tentang pengelompokkan makhluk hidup dalam lingkungan hidupnya.
Contoh Pertanyaan : Mengapa makhluk hidup harus dikelompokkan dalam
kehidupannya? Apakah yang akan terjadi jika dalam suatu lingkungan hidup
tidak terjadi saling interaksi?
|
Penafsiran
|
Mengarahkan siswa untuk menonton tayangan
video tentang kehidupan makhluk hidup dalam lingkungannya, kemudian guru
memberikan pertanyaan terkait video yang ditayangkan. Contoh pertanyaan : Apakah
yang dapat kamu ceritakan terkait dengan video yang ditayangkan, kaitkan
dengan aktivitas makhluk hidup nya.
|
1 + 2 (Penafsiran dan Analisis) .
elemen penafsiran terjadi ketika siswa mengamati dan memahami video tentang
kehidupan makhluk hidup , lalu elemen analisis terjadi ketika siswa menjawab pertanyaan dari guru terkait video
sebelumnya
|
1. Penafsiran
|
2
|
Alami
|
Siswa memperhatikan gambar /charta
yang ditampilkan oleh guru terkait tentang ekosistem
|
Analisis
|
Siswa diarahkan untuk melakukan
observasi ke lingkungan sekolah yang telah di tentukan, misal taman sekolah
|
2 +5 (analisis & argumentasi)
elemen analisis yakni ketika siswa melakukan pengamtan terhadap lingkungan
sekitar dan mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada di
lingkungan sekitar. elemen argumentasi yakni ketika siswa harus menjelaskan
peran dari masing komponen abiotik dan biotik yang telah didapat dari
observasi
|
2. Analisis
|
3
|
Namai
|
Siswa melakukan eksplorasi untuk
memecahkan beberapa pertanyaan terkait materi ekosistem, eksplorasi yang
dilakukan menggunakan buku paket
|
Analisis dan Evaluasi
|
Hasil observasi di taman sekolah
dilanjutkan dengan kegiatan siswa untuk search engine melalui HP untuk
menyelesaikan beberapa permasalahan yang terkait ekosistem lingkungan taman
sekolah
|
3 + 4 + 5 (Evaluasi, Menarik
kesimpulan dan Argumentasi), elemen evaluasi yakni ketika siswa mencari
sumber tambahan melalui search engine untuk
mencari informasi tambahan terkait hasil observasi sebelumnya mengenai
komponen abiotik dan biotik serta mengecek apakah hasil identifikasi mereka
sudah tepat. Lalu elemen menarik kesimpulan dan argumentasi ketika siswa
telah mampu menyusun hubungan ketergantungan antar satuan komponen penyusun ekosistem
itu sendiri dan memberikan penjelasan.
|
3. Evaluasi
|
4
|
Demonstrasi
|
Siswa mempresentasikan hasil
kegiatan pengamatan charta , eksplorasi materi dan diskusi kelompok secara
klasikal
|
Menarik Kesimpulan dan Argumentasi
|
Siswa membuat video tentang hasil
observasi di taman sekolah dan konfirmasi terkait permasalah yang di berikan
|
2 + 3 + 4 + 5 (Analisis,
Evaluasi,Menarik Kesimpulan dan argumentasi), elemen analisis dan argumentasi
yakni ketika siswa bekerja salam kelompok dalam menyusun video observasi
sebelumnya lalu menambahkan saran-saran yang tepat dalam menjaga lingkungan
sekitar. elemen menarik kesimpulan dan evaluasi dilakukan ketika siswa
mempresentasikan video tersebut di depan kelas lalu, ketika terjadi diskusi
dan tanya jawab antar siswa akan terjadi interaksi dan adu nalar yang berisi saran atau masukan dari
kelompok lain guna menambah referensi
|
4. Menarik kesimpulan
|
5
|
Ulangi
|
Siswa diarahkan untuk menyusun
kesimpulan secara klasikal
|
Menarik Kesimpulan dan Argumentasi
|
Guru memberikan konfirmasi terhadap
hasil tayangan video , dan merumuskan kesimpulan akhir pembelajaran bersama
siswa
|
4 + 5 (menarik kesimpulan dan
argumentasi) yakni ketika siswa bersama guru menark kesimpulan yang tepat
terkait hasil diskusi dan penayangan video sebelumnya disertai dengan
penjelasan-penjelsan pendukung lainnya
|
5. Argumentasi
|
6
|
Rayakan
|
Guru memberikan kuis singkat
terkait materi yang baru di pelajari, memberikan reward untuk kelompok siswa
dengan kinerka kelompok terbaik
|
Self-Regulation
|
Siswa di harapkan untuk melakukan
analisa terhadap online task yang diberikan pada live streaming guru
|
5 + 6 (Argumentasi dan Self
Regulation) , elemen argumentasi ini terjadi ketika siswa menalar secara
critical thinking tugas online yang diberikan oleh guru melalui live
streaming, lalu elemen self-regulation terjadi ketika siswa melaukukan
refeleksi terhadap pembelajaran yann menerapkan hal-hal positif terhadap
lingkungan dlam kesehariannya.
|
6. Self-regulation
|
Pertanyaan
:
1. Jelaskan Apa yang di maksud dengan model
pembelajaran Quantum Teaching ?
2. Sebutkkan kekurangan model
pembelajaran Quantum Teaching ?
3. Sebutkan kelebihan model
pembelajaran Quantum Teaching?
4. Sebutkan bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Quantum Teaching?
5. Bagaimana evaluasi pembelajaran
Quantum Teaching ?
6. Sebutkan tahapann dari berfikir
kritis !
7. Sebutkan tujuan pembelajaran dari
Quantum Teaching ?
Download WORD pada halaman di bawah:
https://www.4shared.com/office/aZOsrVcZiq/Perbandingan_Model_RISMA.html
Terimakasih Semoga Artikel ini bisa Membantu
1.Quantum Teaching : pengubahan belajar yang meriah, dengan segala nuansanya.
BalasHapusUntuk Novita jawaban nya kurang lengkap, Mungkin bisa di lengkapi lagi
HapusQuantum teaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun proses pembelajaran yang efektif (Porter, 2005:3).
HapusTerimakasih Atas jawabannya, jawabnya sudaah cukup
Hapus2) Kelebihan Model Pembelajaran Quantum :
BalasHapus1. Dapat membimbing peserta didik kearah berfikir yang sama dalam satu saluran pikiran yang sama.
2. Karena Quantum Teaching lebih melibatkan siswa, maka saat proses pembelajaran perhatian murid dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru, sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti.
3. Karena gerakan dan proses dipertunjukan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak.
4. Proses pembelajaran menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
5. Siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan dapat mencoba melakukannya sendiri
6. Karena model pembelajaran Quantum Teaching membutuhkan kreativitas dari seorang guru untuk merangsang keinginan bawaan siswa untuk belajar, maka secara tidak langsung guru terbiasa untuk berfikir kreatif setiap harinya.
7. Pelajaran yang diberikan oleh guru mudah diterima atau dimengerti oleh siswa.
3)Kelemahan Model Pembelajaran Quantum :
1. Model ini memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping memerlukan waktu yang cukup panjang, yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran lain.
2. Fasilitas seperti peralatan, tempat dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik.
3. Karena dalam metode ini ada perayaan untuk menghormati usaha seseorang siswa baik berupa tepuk tangan, jentikan jari, nyanyian dll. Maka dapat mengganggu kelas lain.
4. Banyak memakan waktu dalam hal persiapan.
5. Model ini memerlukan keterampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjang hal itu, proses pembelajaran tidak akan efektif.
6. Agar belajar dengan model pembelajaran ini mendapatkan hal yang baik diperlukan ketelitian dan kesabaran. Namun kadang-kadang ketelitian dan kesabaran itu diabaikan. Sehingga apa yang diharapkan tidak tercapai sebagaimana mestinya.
Terimakasih jawaban nya sangat tepat sekali
HapusTerimaksih sudah menjaawab, Namun Akan lebih tepat jika jawaban lebih di persingkat lagi menggunakan bahasa yang lebih di fahami
Hapus3) Kelebihan Model Pembelajaran Quantum :
BalasHapusa. Dapat membimbing peserta didik kearah berfikir yang sama dalam satu saluran pikiran yang sama.
b. Karena Quantum Teaching lebih melibatkan siswa, maka saat proses pembelajaran perhatian murid dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru, sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti.
c. Karena gerakan dan proses dipertunjukan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak.
d. Proses pembelajaran menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
e. Siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan dapat mencoba melakukannya sendiri
f. Karena model pembelajaran Quantum Teaching membutuhkan kreativitas dari seorang guru untuk merangsang keinginan bawaan siswa untuk belajar, maka secara tidak langsung guru terbiasa untuk berfikir kreatif.
Terimakasih atas jawabannya
HapusTerimakasih sudah menjawab di blog saya, Jaawbanya tepat namunakan lebih tepat jika dii tambahkan menurut teorii siapa agar memperjelas jawaban
HapusPelaksanaan
BalasHapusTumbuhkan, Alami, namai, demonstrasikan, ulangi, rayakan
Terimkaasih atas jawabannya, jawaban and aterlalu isngkat boleh di jelaskan apa masksud dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi, dan rayakan
HapusTujuan pembelajaran model kuantum adalah untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat siswa. Selain itu juga untuk mengembangkan pola berpikir kreatif pada siswa
BalasHapusTerimakasih sudah mampir di blog saya, jawaban nya tepat namun akan lebih tepat jika di tambahkan dengan penjelasan nya
HapusPenjelasan teori meneurut siapa .. gitu
HapusQuantum Teaching merupakan proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan :)
BalasHapusTerimakasih sudah mampir ke blog saya dan menjawaab soal yang saya berikan, jawbannya baik, namun alagkah lebih baiknya jika di tambah sumber teori menurut pendapat siapa..
Hapus6.tahapan berfikir kritis yaitu
BalasHapus1.penafsiran,analisis,,evaluasi,menarik kesimpulan,dan argumentasi.
Terimakassih telah menjaawab, Apakah tahapan berfikir kritis hanya ini saja ?
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus??
HapusQuantum teaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun proses pembelajaran yang efektif (Porter, 2005:3)
BalasHapusTerimakasih Jwabannya sudha tepat dan sudah menambahkan teori
HapusKelebihan
BalasHapus1. Dapat membimbing siswa ke arah berpikir yang sama dalam satu saluran pikiran yang sama.
2) Karena quantum teaching lebih melibatkan siswa, saat proses pembelajaran perhatian siswa dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti.
3) Karena gerakan dan proses dipertunjukkan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak.
4) Proses pembelajaran menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
5) Siswa didorong untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan dapat mencoba melakukannya sendiri.
Terimakasih sudah menjawab di blog saya, Jaawbanya tepat namunakan lebih tepat jika dii tambahkan menurut teorii siapa agar memperjelas jawaban
HapusQuantum Teaching merupakan salah satu proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Pembelajaran Quantum Teaching mencakup petunjuk untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif merancang pengajaran, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar.
BalasHapusTerimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
Hapusbisa kah di tambahkan teorinya mneurut siapa
Tujuan
BalasHapusa. Meningkatkan partisipasi siswa melalui pengubahan keadaan.
b. Meningkatkan motivasi dan minat belajar.
c. Meningkatkan daya ingat.
Terimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
Hapusbisa kah di tambahkan teorinya mneurut siapa
Tujuan
BalasHapusa. Meningkatkan partisipasi siswa melalui pengubahan keadaan.
b. Meningkatkan motivasi dan minat belajar.
c. Meningkatkan daya ingat.
Terimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
Hapusbisa kah di tambahkan teorinya mneurut siapa
Tujuan
BalasHapusa. Meningkatkan partisipasi siswa melalui pengubahan keadaan.
b. Meningkatkan motivasi dan minat belajar.
c. Meningkatkan daya ingat.
Terimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
Hapusbisa kah di tambahkan teorinya mneurut siapa
-kelebihan model quantum learning diantaranya membuat siswa berpikir kearah yg sama,melibatkan seluruh siswa dan tidak memerlukan keterangan2an yg banyak
BalasHapus-kelemahan model quantum learning diantaranya memerlukan banyak waktu dlm persiapan,fasilitas tidak selalu tersedia serta memerlukan kesabaran yg lebih banyak
Terimakasih atas jawabn nya,
HapusNamun apakah hanya ini saja kelebihan dan kekurangan model quantum ?
nmor 1
BalasHapusQuantum Teaching adalah pengubahan belajar yang meriah, dengan segala nuansanya. Dan Quantum Teaching juga menyertakan segala kaitan, interaksi, dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. Quantum Teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas-interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka belajar. Quantum Teaching mencakup petunjuk spesifik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi, dan memudahkan proses belajar.
Baiklah jawaban nya cukup tepat, namun alangkah baiknya jika di tambahkan teorinya
Hapusnomor 6. tahapan berfikir kritis
BalasHapusyaitu 5 keterampilan berfikir kritis yakni seperti :
1. Keterampilan berpikir analisis.
2. Keterampilan berpikir sintesis.
3. Keterampilan memecahkan masalah.
4. Keterampilan menyimpulkan.
5. Keterampilan mengevaluasi (menilai).
Terimakassih sudah menjawab di blog saya, bisa di tambahkan menurut teori siapa tahapan berfikir krtitis tsb thanks
Hapusbaiklah menurut teoti yang saya baca salah satunya Menurut Kurfiss, (1988) ia menyatakan Berpikir Kritis adalah sebuah pengkajian yang tujuannya untuk mengkaji sebuah situasi, fenomena, pertanyaan, atau masalah untuk mendapatkan sebuah hipotesis atau kesimpulan yang mengintegrasikan semua informasi yang tersedia sehingga dapat dijustifikasi dengan yakin. trimakasih
HapusBaiklah terimakasih atas jawaban nya, Menurut saya jawabanya sudah cukup
Hapuskelamahan dari model ini
BalasHapus1. Model ini memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping memerlukan waktu yang cukup panjang, yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran lain.
2. Fasilitas seperti peralatan, tempat dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik.
3. Karena dalam metode ini ada perayaan untuk menghormati usaha seseorang siswa baik berupa tepuk tangan, jentikan jari, nyanyian dll. Maka dapat mengganggu kelas lain.
4. Banyak memakan waktu dalam hal persiapan.
5. Model ini memerlukan keterampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjang hal itu, proses pembelajaran tidak akan efektif.
6. Agar belajar dengan model pembelajaran ini mendapatkan hal yang baik diperlukan ketelitian dan kesabaran. Namun kadang-kadang ketelitian dan kesabaran itu diabaikan. Sehingga apa yang diharapkan tidak tercapai sebagaimana mestinya
Terimakasih sudah menjawab, alangkah baiknya lagi di tambah teori menurut siapa ..
HapusQuantum learning merupakan kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
BalasHapusBaikla prisi menurut siapa andan mengatakan bahwa pegertian Quantum seperti yang anda sebutkan kan
HapusQuantum merupakan interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Quantum Teaching adalah penggubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan disekitar momen belajar. Interaksi- interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Interaksi-interaksi ini mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain. Quantum teaching dimulai di supercamp, sebuah program percepatan Quantum learning yang ditawarkan oleh Quantum Forum, yaitu sebuah perusahaan pendidikan internasional yang menekankan perkembangan keterampilan akademis dan keterampilan pribadi ( Deporter, 2000).
BalasHapusTerimakasih jawbannya cukup tepat sekali, sudah di tambahkan emnurut teorinya, namun bisakah jawabnya lebih di ersingkat lagi untuk meudahkan memahaminya.
HapusQuantum Teaching merupakan pengubahan belajar yang meriah, dengan segala nuansanya. Quantum Teaching juga menyertakan segala kaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar.
BalasHapusQuantum Teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar (De Porter, 2005:3).
Terimkasih sudah menjawab, jawabannnya tepat namun terlalu singkat
Hapus1. nknown4 Oktober 2019 08.15
BalasHapusQuantum Teaching merupakan proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan
2.-kelebihan model quantum learning diantaranya membuat siswa berpikir kearah yg sama,melibatkan seluruh siswa dan tidak memerlukan keterangan2an yg banyak
3.-kelemahan model quantum learning diantaranya memerlukan banyak waktu dlm persiapan,fasilitas tidak selalu tersedia serta memerlukan kesabaran yg lebih banyak
6.tahapan berfikir kritis yaitu
Satu penafsiran, analisis, evaluasi,menarik kesimpulan,dan argumentasi.
7.Tujuan
a. Meningkatkan partisipasi siswa melalui pengubahan keadaan.
b. Meningkatkan motivasi dan minat belajar.
c. Meningkatkan daya ingat.
Terimakasih sudah menjawab, bisakah di tambahkan menurut siapa teori nya untuk memperkuat jawaban
HapusTujuan model pembelajaran Quantum Teaching adalah membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan merangsang siswa untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dapat mencoba melakukannya sendiri sehingga dapat mencapai kompetensi-kompetensi pembelajaran.
BalasHapusterimakasih atas jawaban nya bisakah anda menjelaskan lebih detail lagi supaya lebih mudah di mengerti thanks
Hapus1. Jelaskan Apa yang di maksud dengan model pembelajaran Quantum Teaching ?
BalasHapusQuantum teaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun proses pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran Quantum teaching menekankan pada
2. Sebutkkan kekurangan model pembelajaran Quantum Teaching ?
a. Membutuhkan pengalaman yang nyata
b. Waktu yang cukup lama untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar
c. Kesulitan mengidentifikasi keterampilan siswa
3. Sebutkan kelebihan model pembelajaran Quantum Teaching?
1. Quantum learning berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika quantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai.
2. Quantum learning lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
3.Quantum learning lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis.
4.Quantum learning memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna, bukan sekedar transaksi makna.
5.Quantum learning sangat menekankan pada pemercepatan pembelajaran dengan taraf keberhasilan tinggi.
6. Quantum learning sangat menentukan kealamiahan dan kewajaran proses pembelajaran, bukan keartifisialan atau keadaan yang dibuat-buat.
7. Quantum learning sangat menekankan kebermaknaan dan kebermutuan proses pembelajaran.
8. Quantum learning memiliki model yang memadukan konteks dan isi pembelajaran.
9. Quantum learning memusatkan perhatian pada pembentukan keterampilan akademis, keterampilan (dalam) hidup, dan prestasi fisikal atau material.
10. Quantum learning menempatkan nilai dan keyakinan sebagai bagian penting proses pembelajaran.
11. Quantum learning mengutamakan keberagaman dan kebebasan, bukan keseragaman dan ketertiban.
12. Quantum learning mengintegrasikan totalitas tubuh dan pikiran dalam proses pembelajaran.
Terimakasih telah menjawab di blog saya, Namun Tolong jawab sesuai dengan bahasa anda sendiri yang lebih mudah di pahami, thankss
HapusEvaluasi di laksanakan terhadap proses dan produk untuk melihat ke efektifan model pembelajaran yang digunakan
BalasHapusTerimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
HapusMenurut Bobbi DePorter & Mike Hernacki (2011:12) adapun tujuan dari pembelajaran kuantum (quantum learning)adalah sebagai berikut.
BalasHapus1.Untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
2.Untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan.
3.Untuk menyesuaikan kemampuan otak dengan apa yang dibutuhkan oleh otak.
4.Untuk membantu meningkatkan keberhasilan hidup dan karir.
5.Untuk membantu mempercepat dalam pembelajaran
Terimakasih jawabannya cukup bagus , Apakah hanya ini tujuan pembelajaran quantum ?
HapusQuantum teaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun proses pembelajaran yang efektif (Porter, 2005:3)
BalasHapusApakah jawaban nya bisa di lengkapi lagi bisa di tambahkan menurut teori lainnya
Hapus1. nknown4 Oktober 2019 08.15
BalasHapusQuantum Teaching merupakan proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan
2.-kelebihan model quantum learning diantaranya membuat siswa berpikir kearah yg sama,melibatkan seluruh siswa dan tidak memerlukan keterangan2an yg banyak
3.-kelemahan model quantum learning diantaranya memerlukan banyak waktu dlm persiapan,fasilitas tidak selalu tersedia serta memerlukan kesabaran yg lebih banyak.
Terimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
HapusKelebihan Model Pembelajaran Quantum :
BalasHapus1. Dapat membimbing peserta didik bekerja sama membentuk sebuah pemikiran untuk menemukan jawaban
2. Proses pembelajaran menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
Kelemahan Model Pembelajaran Quantum :
Model ini memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping memerlukan waktu yang cukup panjang, yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran lain.
thanks, biasakah anda menambahkan teori menurut siapa
HapusSaya kan menjawab pertanyaan nomor 4, yakni pelaksanaan pembelajaran model Quantum teaching & Learning berdasarkan pada sintaks-sintaks yang telah ditentukan yang dikenal dengan istilah TANDUR
BalasHapuspada sintaks Tumbuhkan, siswa dipacu untuk memahami dan menganalisis topik yang b erkenaan dengan materi pembelajaran, lalu pada sintaks alami, siswa mengikuti arahan guru untuk menngobservasi langsung objek pembelajaran tersebut, misal mengamati komponen ekosistem di taman sekolah. Lalu, pada sintaks namai, siswa diharapkan dapat menyimpulkan hasil temuan mereka di taman sekolah tadi. Berikutnya, tahap demonstras, dimana siswa menampilkan hasil diskusi mereka secara klasikal dan ditanggapi oleh siswa-siswa yang lain. Lalu, tahap ulangi, dimana siswa akan merecall pemahaman mereka dengan menjawab pertanyaan dari guru terkait materi pembelajaran saat itu dan tahap yang terakhir yakni Rayakan, diamana siswa mendapatkan reward dari gurunya sebagai penghargaan telah aktif mengikuti pembelajaran dengan baik.
jawaban anda benar namun apakah bisa kebih di persingkat lagi supaya mudah di hafal dan ingat
HapusSalah satu Tujuan Quatum teaching untuk mempermudah kegiatan pembelajaran
BalasHapusTerimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
HapusSalah satu Tujuan Quatum teaching untuk mempermudah kegiatan pembelajaran
BalasHapusTerimakasih sudha menjawab mohon maaf itu menurut teori siaapa ?
HapusPengertian Quantum teaching adalah pengubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya. Dalam quantum teaching juga menyertakan segala kaitan interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. Quantum teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas. Interaksi yang menjadikan landasan dan kerangka untuk belajar (De porter. B, 2004).
BalasHapusTerimakasih sudah menjawb, jawaban anda tepat karena sudah menambahkan teori
HapusQuantum teaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun proses pembelajaran yang efektif.
BalasHapusBaik, Terimakasih sudah mampir ke blogg saya, jawabannya benar namun bisakah di tambahkan teori menurut siapa ??
HapusModifikasi model nuh ok terutama membangun jiwa berfikir kreatif dan kritis siswa..
BalasHapusterimaksih sudah menjawab di blog saya, Jawabannya benar, namun apakah bisa lebih di lengkapi lagi.
HapusQuantum teaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun proses pembelajaran yang efektif (Porter, 2005:3). Dari pengertian tersebut menjelaskan kepada kita yakni bertujuan untuk menekankan pada teknik meningkatkan kemampuan diri dan proses penyadaran akan potensi yang dimiliki.
BalasHapusterimakaasih sudah menjawab di blog saya, jawabannya cukup jelas karena sudah mencantumkan teori
Hapus