RPP Konvensional
Sebenarnya, apa arti konvensional? Menurut para ahli, Pengertian Konvensional adalah semua hal yang sifatnya mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang lazim digunakan atau berdasarkan kesepakatan banyak orang. Misalnya, kelaziman, kebiasaan, atau adat di suatu tempat. Arti kata konvensional seringkali didefinisikan sebagai sesuatu yang ketinggalan jaman (kuno) atau cara-cara tradisional yang sudah tidak sesuai dengan kondisi jaman sekarang. Padahal tidak demikian, karena pada dasarnya kata konvensional sangat berhubungan dengan kesepakatan.
Secara etimologi, kata konvensional berasal dari kata konvensi yang artinya kesepakatan atau permufakatan yang dibuat oleh sejumlah orang, baik itu dalam organisasi, daerah, maupun negara. Sehingga istilah konvensional adalah hal-hal yang dilakukan berdasarkan kesepakatan umum.
Berikut ini merupakan contoh RPP konvensional
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
Mata pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/I
Materi Pokok : Ekosistem
Alokasi Waktu : 1×45 menit (Pertemuan 1)
A. KOMPETISI INTI (KI)
- Menghayati dan mengamalkan ajaran Agama
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,kerja sama, toleran, damai),bertanggung jawab, reponsif, dan pro-aktif dan berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak, lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat,dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
- Memahami, menerapkan, menganalisis danmengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban terkait peyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metodesesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
Mengelompokkan
komponen dari ekosistem
C. Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian Ekosistem
2.
Mendeskripsikan
pengelompokn Ekosistem
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian ekosistem
2.
Siswa dapat menyebutkan pengelompokan ekosistem
E. Materi Pembelajaran
1. Ekosistem
F. Srategi Pembelajaran
1. Model : Discovery
Learning
2.
Metode : Diskusi,
Presentasi, ceramah
3. Media : laptop, Infocus
4. Pendekatan : Saintifik
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Langkah - Langkah pembelajaran
Pertemuan 1
Langkah - Langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Pra PBM
Pendahuluan
|
Pendahuluan
Ø
Orientasi
Ø
Apersepsi
Ø
Motivasi
· untuk
memberikan pendapatnya tentang video yang di tayangkan)
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
|
Kegiatan Inti
|
30
Menit
|
Sintak/pembelajaran:
·
Stimulus /pemberian rangsangan
( Mengamati)
·
Data Collection/Pengumpulan Data
·
Menanaya
·
Mengasosiasikan
·
Mengkomunikasikan
|
|||
3.
|
Penutup
|
Penutup
|
5
Menit
|
H. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jml.
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|||
BekerjaSsama
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
|||||
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Keterangan
:
Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat
teman.
|
|||||
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
|||||
3
|
Mampu berkolaborasi
dengan teman lainnya
|
|||||
4
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
|||||
5
|
Marah saat diberi
kritik.
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (dapat dilihat pada konten evaluasi)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah
skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Jenis Evaluasi : True-False Question
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
K
= Know (what do I know? / apa yang sudah saya pahami)
|
|||||
2
|
W
= Want (what do I want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)
|
|||||
3
|
H
= How (how do I find out? bagaimana saya bisa melakukannya?)
|
|||||
4
|
L
= Learn (what did Ii learned?/apa yang sudah saya kuasai?)
|
|||||
5
|
A
= Action (what action will I take?/tindak lanjut apa yang harus saya
lakukan?)
|
|||||
6
|
Q
= Question (what new question do I have?/ permasalahan baru apa dari saya?)
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(……………………,……..)
(.....................................)
NIP.
……………………
NIP.................................
Terimakasih Sydah Mampir ke Blog saya Jika Ingin Donwload
Download WORD pada klink di bawah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar