Senin, 11 Mei 2020

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : .......................
Kelas / Semester          :  2 /2
Tema                           :  Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema                    :  Pengalamanku di Rumah
Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  6 Hari

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan memperhatikan pembacaan teks  percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2.      Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3.      Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.      Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5.      Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.        Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
2.        Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
1.      Siswa diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya (mengamati).
Ayo Mengamati
1.      Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan (menanya).
(Mandiri)
Ayo Menulis
1.      Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya (menalar).
(Communication)
Ayo Berlatih
1.      Siswa berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain (mencoba).
(Critical Thingking and Problem Solving)
Ayo Mengamati
1.      Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati).
2.      Siswa mencoba mengukur benda (mencoba).
(Communication, Critical Thingking and Problem Solving)
Ayo Mencoba
1.      Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm (mencoba).
(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Berlatih
1.      Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati).
2.      Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris (mencoba).
3.      Siswa memberikan tanda centang (√) untuk benda yang dapat diukur dengan penggaris (mencoba).
(Critical Thingking and Problem Solving)
150 menit

Penutup
A.    Kerjasama dengan Orang Tua
Siswa diskusi bersama orang tua, mecoba mempraktikkan di rumah mengukur panjang benda. (Mandiri)
15 menit
C. PENILAIAN
                             
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian..



Mengetahui
Kepala Sekolah,




.........................


       Guru Kelas 2




        .......................
       





Tidak ada komentar:

Posting Komentar